Institut Pariwisata Trisakti Melakukan Kunjungan Studi Banding ke Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Bandung

Bandung, 05-06 Maret 2024, Institut Pariwisata Trisakti melakukan kunjungan studi banding ke Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (DRPM) Universitas Padjadjaran dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kegiatan ini bertujuan untuk memahami praktik dan strategi yang diterapkan oleh kedua Perguruan Tinggi tersebut dalam mendukung kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat. Perwakilan dari Institut Pariwisata Trisakti yang turut mengikuti kegiatan tersebut yaitu Dr. Rahmat Ingkadijaya, MM selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Devita Gantina, M.Par selaku Wakil Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Elda Nurmalinda M.Par.,MM, Heny Ratnaningtyas, MM, Rizky Cahyani S.Stat selaku Staff Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Dan 5 dari ketua kelompok riset, yaitu Dr. Surya Fadjar Boediman (Perwakilan Kelompok Riset Tour and Travel), Dr. Reno Catelya Dira Oktavia (Ketua Kelompok Riset Smart Tourism), Rina Suprina, M.Hum., M.Si.Par., (Ketua Kelompok Riset Destinasi), Joko Haryono M. Par (Ketua Kelompok Riset Hospitality), dan Mohammad Syaltut Abduh M. Par (Ketua Kelompok Gastronomi).

Rombongan Institut Pariwisata Trisakti memulai kegiatan tersebut dengan melakukan kunjungan ke DRPM Universitas Padjadjaran dan diterima baik oleh Ibu Ida Nur Farida, S.Si., M.Si selaku Sekretaris Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat. Ibu Ida menjelaskan bahwa DRPM UNPAD fokus mengkoordinasi dan memfasilitasi kegiatan riset dengan Technology Readiness Level (TRL) 1 sampai TRL 6. Mereka juga berperan dalam memastikan terpenuhinya Standar Nasional Penelitian. Selain itu, DRPM turut berkolaborasi dengan Manajer Riset, Inovasi, dan Kemitraan (Mariska) di setiap Fakultas Universitas Padjajaran.Dalam pertemuan tersebut terjalin diskusi aktif antar kedua belah pihak yang memberikan insight baik untuk Institut Pariwisata Trisakti, yaitu Institut Pariwisata Trisakti perlu meningkatkan pemberdayaan laboratorium Food Technology, serta meningkatkan kerjasama dengan jurnal Internasional dan penerbit.

Pada hari kedua, rombongan Institut Pariwisata Trisakti melanjutkan studi banding ke LPPM Institut Teknologi Bandung dan diterima baik oleh Dr. Yuli Setyo Indartono selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Mohammad Farid, S.T, M.T, Ph.D selaku Sekretaris Bidang Umum, Nia Nuraeni, S.Pd selaku Kepala Sub Bagian Program Pengabdian kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, Housny Mubarok, S.T selaku Kepala Bagian Sistem Informasi dan Publikasi, Yani Adriani dan Ibu Mustika dari Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan. Dalam pertemuan tersebut pihak ITB menjelaskan terkait anggaran Program Kemitraan Masyarakat (PKM), kerjasama Institusional, pemanfaatan IPTEK, publikasi Internasional, dan dukungan keuangan untuk dosen.Dengan adanya studi banding ini, diharapkan Institut Pariwisata Trisakti dapat mengimplementasikan praktik terbaik yang telah diperoleh dari Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Padjadjaran dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Bandung guna meningkatkan kualitas riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Visited 101 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply