Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Penelitian & PKM

HKI & Inovasi

Jurnal

Profil P3M

Sarana & Prasarana

Seminar

Kegiatan P3M

Download

SEKILAS PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M)

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, disingkat sebagai P3M, mencakup dua elemen di dalam Institut Pariwisata Trisakti yang bertujuan untuk memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. Selain itu, P3M juga berusaha untuk mengaplikasikan dan menyebarkan pengetahuan ilmiah, teknologi, dan keterampilan untuk manfaat masyarakat luas.

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Institut Pariwisata Trisakti memiliki dua fokus utama, yaitu penelitian dan pengabdian, yang dilakukan oleh para dosen sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

A. Penelitian

Penelitian di Institut Pariwisata Trisakti juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmiah dan kontribusi pengetahuan. Selain tanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan, koordinasi, dan pemantauan dosen-dosen diarahkan sebagai peneliti dengan diselenggarakannya seminar/diskusi serta supervisi rutin terhadap karya akademis. Emphasis juga diberikan pada kerja sama dengan pihak eksternal di tingkat regional dan nasional.

Inisiatif lainnya melibatkan upaya untuk mendorong publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah dan forum akademis guna berbagi temuan dengan masyarakat ilmiah dan praktisi industri. Evaluasi dan peer review menjadi bagian integral untuk memastikan tingkat kualitas dan akurasi penelitian.

Selain penelitian, Institut ini memperkuat kerjasama dengan lembaga riset dan industri terkait, dengan tujuan mendukung pertukaran pengetahuan, teknologi, dan pengalaman. Hal ini diarahkan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pengembangan sektor pariwisata secara keseluruhan, tidak hanya di tingkat internal institut tetapi juga dalam skala yang lebih luas di tingkat lokal, regional, dan nasional.

B. Pengabdian kepada Masyarakat

Pengembangan ilmu pengetahuan, pengetahuan, dan teknologi di lingkungan kampus perlu diterapkan untuk kesejahteraan masyarakat. Pendekatan interdisipliner, partisipatif, dan edukatif mempercepat perkembangan pariwisata. Pelayanan masyarakat sejalan dengan modernisasi kehidupan, mencerahkan bangsa dengan memecahkan masalah dengan nilai-nilai sosial dan budaya. Kegiatan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh Institut Pariwisata Trisakti bertujuan untuk menerapkan ilmu dan seni, mengorganisir pendidikan dan pelatihan, serta meningkatkan kerjasama dengan industri guna mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah di sektor pariwisata Indonesia.

Selain itu, integrasi pengetahuan yang bersifat praktis dan relevan dengan kebutuhan industri pariwisata menjadi fokus utama. Melalui kegiatan pelayanan masyarakat, Institut Pariwisata Trisakti berupaya mempertemukan kebutuhan industri dengan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa dan para peneliti. Dengan demikian, upaya ini tidak hanya mendukung pertumbuhan sektor pariwisata secara umum tetapi juga memberikan kontribusi konkrit terhadap pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing di dunia industri. Kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan, masyarakat, dan industri menjadi landasan utama dalam mewujudkan visi ini.

B. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 

Perkembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi di dunia kampus perlu disebarkuaskan dan diaplikasikan untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih luas. Implementasi ini dilakukan dengan pendekatan inter-disipliner, partisipatif dan edukatif, diharapkan mampu mendorong akselerasi pembangunan kepariwisataan dengan tepat guna dan hasil guna.
Pengabdian kepada Masyarakat sejalan dengan peningkatan keimanan dan ketaqwaan dalam konteks modernisasi kehidupan, sikap dan perilaku modern dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga mampu memecahkan setiap masalah dan tantangan perubahan kearah kemajuan yang lebih baik sesuai dengan nilai-nilai sosial dan budaya yang berlaku.
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti ber¬tujuan; menjalankan Iptek dan seni untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas; menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja industri dalam berbagai tingkatan jabatan; membina kerjasama dengan industri dan lembaga lain agar lebih sinergis, meningkatkan kerjasama dalam rangka mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah. Program Pengabdian kepada masyarakat diarahkan kepada khalayak sasaran individu, kelompok dan lembaga sebagai pengamalan aspek dan seni dalam rangka mensukseskan pembanguan kepariwisataan Indonesia.

Visited 348 times, 4 visit(s) today