Digital Business

Deskripsi Singkat

Nomor SK pendirian PS : 023/DE/A.5/AR.11/X/2023
Tanggal SK : 09 Oktober 2023
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS : September 2023

Prodi Business Digital

“Menjadi program studi unggulan dalam pendidikan dan penelitian bidang bisnis digital di tingkat nasional maupun internasional, yang mampu menghasilkan lulusan kompeten dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi tantangan bisnis di era digital dan mendukung ekosistem pariwisata dan hospitality.” berdampak positif pada masyarakat

SWOT Analysis Pembuatan Visi Misi Program Studi Bisnis Digital:

Strengths (Kekuatan):

  1. Relevansi dengan Trend Industri: Program Studi Bisnis Digital memiliki keunggulan dalam mengikuti tren industri saat ini yang semakin bergeser ke arah digitalisasi dan teknologi informasi.
  2. Fokus Spesifik: Dengan fokus pada bisnis digital, program ini dapat memberikan siswa pemahaman mendalam tentang aspek-aspek seperti e-commerce, pemasaran digital, analitik bisnis, dan inovasi teknologi.
  3. Dosen Ahli: Jika program ini memiliki dosen-dosen yang ahli di bidang bisnis digital, hal ini akan memberikan siswa akses kepada wawasan dan pengalaman yang berharga.
  4. Kerjasama Industri: Kerjasama dengan perusahaan-perusahaan teknologi dan bisnis digital dapat memberikan peluang magang, penelitian bersama, dan jaringan yang kuat bagi mahasiswa.

Weaknesses (Kelemahan):

  1. Perubahan Cepat: Bidang bisnis digital terus berkembang dengan cepat, yang mungkin membuat kurikulum menjadi ketinggalan jika tidak diperbarui secara berkala.
  2. Ketergantungan Teknologi: Program ini akan sangat tergantung pada teknologi informasi yang dapat mengalami masalah teknis dan pembaruan yang memakan waktu.
  3. Persaingan Global: Banyak perguruan tinggi dan universitas telah memiliki program-program bisnis digital, sehingga persaingan untuk menarik siswa dapat menjadi sulit.
  4. Kurangnya Pengalaman: Program baru ini mungkin menghadapi tantangan dalam membangun reputasi dan basis alumni yang kuat karena kekurangan pengalaman dan jejak rekam dalam jangka panjang.

Opportunities (Peluang):

  1. Permintaan Tinggi: Permintaan tenaga kerja yang kompeten di bidang bisnis digital terus meningkat, memberikan peluang penempatan lulusan dalam perusahaan-perusahaan terkemuka.
  2. Inovasi Kurikulum: Program ini dapat mengembangkan kurikulum yang inovatif dengan menambahkan materi tentang tren terbaru seperti kecerdasan buatan, blockchain, dan IoT.
  3. Kemitraan Industri yang Dalam: Kerjasama yang erat dengan industri dapat memberikan wawasan praktis dan peluang kerja bagi mahasiswa setelah lulus.
  4. Pengembangan Riset: Program ini dapat mendorong penelitian dalam bidang bisnis digital, yang dapat meningkatkan reputasi institusi.

Threats (Ancaman):

  1. Perubahan Cepat Teknologi: Ancaman terbesar adalah ketidakmampuan program untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi terbaru, yang dapat membuat lulusan menjadi kurang relevan di industri.
  2. Perguruan Tinggi Lain: Persaingan dengan program-program bisnis digital di perguruan tinggi lain dapat mengurangi jumlah calon siswa yang memilih program ini.
  3. Ketakutan akan Automasi: Kemajuan dalam otomasi bisnis digital dapat mengkhawatirkan calon siswa tentang keberlanjutan karir di bidang ini.
  4. Kesesuaian Tenaga Pengajar: Sulitnya menemukan dosen dengan keahlian yang sesuai dalam bidang bisnis digital dapat menghambat perkembangan program.

 

 

Visi :

“Menjadi program studi unggulan dalam pendidikan dan penelitian bidang bisnis digital di tingkat nasional maupun internasional, yang mampu menghasilkan lulusan berkompeten dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi tantangan bisnis di era digital dan mendukung ekosistem pariwisata dan hospitality.”

 

Misi :

  1. Menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang mengintegrasikan pengetahuan bisnis tradisional dengan teknologi digital terkini.
  2. Membekali mahasiswa dengan keterampilan analisis data dan penerapan teknologi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang tepat.
  3. Mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi di bidang bisnis digital, termasuk penerapan teknologi terbaru dalam proses bisnis.
  4. Menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan wirausaha di ranah bisnis digital dan mendorong inisiatif wirausaha berbasis teknologi.
  5. Meningkatkan keterlibatan dengan industri dan komunitas bisnis digital untuk memperkuat koneksi dan peluang kerja bagi mahasiswa.
  6. Menyelenggarakan penelitian yang relevan dan kontributif dalam bidang bisnis digital untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan ilmu pengetahuan.

 

Tujuan :

  1. Memahami Konsep Bisnis Digital: membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang konsep bisnis digital, termasuk penerapan teknologi digital dalam berbagai aspek bisnis seperti pemasaran, penjualan, operasional, dan manajemen.
  2. Integrasi Teknologi dan Bisnis: mengintegrasikan teknologi informasi dan ilmu bisnis tradisional sehingga mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang holistik tentang cara menerapkan teknologi dalam lingkungan bisnis.
  3. Keterampilan Analisis Data: memberikan mahasiswa keterampilan analisis data yang diperlukan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.
  4. Pengembangan Strategi Bisnis Digital: Mahasiswa akan diajarkan cara merancang dan mengimplementasikan strategi bisnis digital yang efektif, termasuk penggunaan media sosial, pemasaran digital, dan model bisnis inovatif.
  5. Kewirausahaan dan Inovasi Digital: mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi dalam bisnis digital, dan juga membekali mahasiswa dengan keterampilan wirausaha untuk memulai dan mengelola bisnis digital mereka sendiri.
  6. Menghadapi Tantangan Bisnis Digital: membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang tantangan dan risiko yang terkait dengan bisnis digital, termasuk aspek hukum, keamanan siber, dan privasi data.
  7. Koneksi dengan Industri: menjalin koneksi dengan industri bisnis digital sehingga mahasiswa dapat berinteraksi dengan praktisi bisnis dan mendapatkan pengalaman kerja nyata melalui magang atau kolaborasi proyek.
  8. Pemahaman Etika dan Keberlanjutan: Mahasiswa juga akan diberikan pemahaman tentang pentingnya etika dalam bisnis digital dan bagaimana menerapkan praktik yang berkelanjutan dalam penggunaan teknologi.
  9. Penelitian dan Pengembangan: mendorong penelitian dan pengembangan dalam bidang bisnis digital untuk meningkatkan pemahaman tentang tren dan potensi inovasi di industri ini.

 

Strategi :

  1. Pengembangan Kurikulum yang Relevan: Merancang kurikulum yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan industri bisnis digital saat ini dan masa depan. Kurikulum harus mencakup materi tentang teknologi digital, analisis data, pemasaran digital, e-commerce, inovasi digital, keamanan siber, dan topik lain yang relevan.
  2. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan berbasis teknologi. Penggunaan platform online, proyek kolaboratif, dan simulasi bisnis digital dapat meningkatkan keterlibatan dan pembelajaran mahasiswa.
  3. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek: Melibatkan mahasiswa dalam proyek-proyek nyata yang relevan dengan bisnis digital. Dengan cara ini, mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam situasi praktis dan mengembangkan portofolio yang berharga.
  4. Koneksi dengan Industri: Membangun kemitraan dan hubungan dengan perusahaan dan praktisi di industri bisnis digital. Ini dapat melibatkan magang, seminar tamu, workshop industri, atau kerjasama proyek yang menghadirkan keahlian praktisi langsung ke dalam program studi.
  5. Pengembangan Keterampilan Wirausaha: Mendorong dan mendukung kewirausahaan di antara mahasiswa. Program studi bisnis digital dapat menyediakan pelatihan, dukungan mentor, dan akses ke jaringan wirausaha untuk membantu mahasiswa dalam merintis dan mengelola bisnis digital mereka sendiri.
  6. Fokus pada Etika dan Keberlanjutan: Mengintegrasikan etika bisnis digital dan keberlanjutan dalam kurikulum, serta mendorong kesadaran mahasiswa tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam bisnis digital.
  7. Penelitian dan Inovasi: Mendorong kegiatan penelitian dan inovasi dalam bidang bisnis digital. Menginisiasi penelitian yang relevan dan kolaborasi dengan industri dan institusi lain dapat memperkaya pemahaman dan pengetahuan di bidang tersebut.
  8. Pengembangan Keterampilan Soft Skills: Selain keterampilan teknis, penting juga untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan soft skills seperti kemampuan berkomunikasi, kerjasama, kepemimpinan, dan adaptabilitas, yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis yang beragam.
  9. Evaluasi dan Pembaruan Berkelanjutan: Melakukan evaluasi berkala terhadap program studi untuk memastikan bahwa ia tetap relevan dan memenuhi kebutuhan mahasiswa dan industri. Jika diperlukan, lakukan perubahan dan pembaruan agar program studi tetap selaras dengan perkembangan teknologi dan bisnis.

Dukungan bagi Mahasiswa: Menyediakan dukungan akademik dan bimbingan bagi mahasiswa untuk membantu mereka mengatasi tantangan dalam belajar dan karier mereka di bidang bisnis digital.

Program S1 Digital Business memiliki beban 144 SKS. yang dijadwalkan sekurang-kurangnya 7 (tujuh) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester.

 

 

 

 

Program Studi S1 Digital Business
     
Teori Praktek Total 
87 SKS 57 SKS 144 SKS
60% 40% 100%

Daftarkan dirimu disini sekarang..!!

dan dapatkan kesempatan mendapatkan beasiswa hingga jutaan rupiah di kampus pariwisata swasta terbaik di Indonesia..
Visited 59 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
Tiktok