Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Sukses Menggelar Kegiatan (LKMM) Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa

Proses pembelajaran di Perguruan Tinggi dilakukan melalui kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi adalah pengembangan kegiatan berorganisasi, antara lain melalui Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan bentuk lainnya. Kegiatan ekstra kurikuler diharapkan menjadi wahana untuk menuntut ilmu dan mengasah keterampilan manajerial dan kepemimpinan bagi mahasiswa. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan memprakarsai penyelenggaraan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) sejak tahun 1989 dan diselenggarakan setiap tahun.

Saat ini terdapat 4 jenjang LKMM, yakni LKMM Pradasar dan Dasar yang dilaksanakan dan dibiayai sendiri oleh Perguruan Tinggi dengan mengacu pada panduan dan kurikulum LKMM yang dikembangkan oleh Ditjen Diktiristek, serta LKMM Tingkat Menengah dan LKMM Tingkat Lanjut yang langsung dikoordinasikan dan didanai oleh Ditjen Diktiristek atau LLDIKTI dan juga Perguruan Tinggi secara mandiri.

Untuk menindaklanjuti kebijakan Ditjen Diktiristek tersebut, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) menginisiasi pelaksanaan LKMM Tingkat Dasar di Institut Pariwisata Trisakti yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 2-3 Maret 2024.Kegiatan LKMM ini dihadiri 100 Top Four Mahasiswa Ormawa dan dibuka secara langsung pada hari pertama oleh Ibu Fetty Asmaniati, SE., MM selaku Rektor Institut Pariwisata Trisakti, yang didampingi oleh Ibu Dr. Nurbaeti, MM selaku Wakil Rektor II, Kepala Departemen Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Bapak Rianto, SST, M.Si.Par, Bapak Michael Khrisna Aditya, SST. Par., M.Par selaku Kepala Departemen Program Studi Kewirausahaan, dan Bapak RMW. Agie Pradhipta, SST.Par., M.Sc selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan.

Dalam sambutannya, Ibu Fetty menjelaskan terkait visi misi dan capaian yang sudah di raih oleh Institut Pariwisata Trisakti. Beliau juga menegaskan kepada mahasiswa pengurus Ormawa untuk selalu bersikap optimis, semangat, dan memiliki target. agar bisa menjadi organisasi mahasiswa yang unggul dan mendapatkan banyak prestasi.Beberapa Narasumber yang mengisi materi LKMM, yaitu:
1). Ibu Dr. Nurbaeti, MM terkait Kebijakan Pengelolaan Keuangan, SDM, dan Sarana Prasarana.
2). Bapak Rianto, SST., M.Si.Par & Bapak Michael Khrisna Aditya, M.Par terkait Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.
3). Bapak Muhammad Rizki, M.Par selaku Ketua IKAPTRI memaparkan materi terkait Esensi Nasionalisme dan Kecintaan terhadap Almamater.
4). Bapak Prof. Dr. Rimbawan selaku Tim Pemandu LKMM dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristekdikti yang memaparkan materi tentang Berpikir Kritis dan Pengembangan Program Kerja, dan
5). Vladima Insan Mardika selaku Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti yang memaparkan materi terkait Filsafat Dasar dan Ideologi.

Diharapkan outcome dari pelaksanaan LKMM ini adalah mahasiswa pengurus Ormawa tidak hanya menjadi pemimpin yang baik, tetapi juga mempunyai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan pembangunan dan masyarakat di masa mendatang.

Visited 70 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply