Institut Pariwisata Trisakti Kedatangan Politeknik Negeri Pariwisata Bali untuk Benchmarking

Jakarta, 8 Juli 2024 – Institut Pariwisata Trisakti (IP Trisakti) menerima kunjungan dari Politeknik Negeri Pariwisata Bali dalam rangka benchmarking. Kunjungan ini dipimpin oleh Ibu Putu Tika Virginiya, S.Pd., M.Pd., Sekretaris Jurusan Pariwisata, dan I Ketut Suarta, S.E., M.Si., Ketua Tim Kurikulum Jurusan Pariwisata. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mempelajari praktik terbaik yang diterapkan oleh IP Trisakti dalam pengelolaan pendidikan pariwisata.


Pertemuan ini bertempat di Ruang International Management Institute (IMI) Lantai 3, Gedung B Institut Pariwisata Trisakti, pada 8 Juli 2024.

Dari pihak IP Trisakti, pertemuan disambut oleh Ibu Robiatul Adawiyah, M.Par., Kepala Departemen Pengelolaan Perhotelan, beserta Sekretaris Departemen Pengelolaan Perhotelan, Ibu Ira Maya Sari, M.Gizi, serta Bapak Rianto,M.Si.Par, selaku Kepala Departemen Usaha Perjalanan Wisata. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Bapak Agus Riyadi, SST.Par., M.Sc., Ph.D., CHIA., QCRO., selaku Wakil Rektor I, dan Bapak Dr. Ir. Fachrul Husain Habibie, MM., Ketua Pusat Penjaminan Mutu (P2M) Institut Pariwisata Trisakti.
Agenda pertemuan dimulai dengan perkenalan dan pemaparan mengenai sejarah berdirinya Institut Pariwisata Trisakti, visi dan misi dari program studi Pengelolaan Perhotelan, serta kurikulum MBKM.

Ibu Robiatul Adawiyah dan Bapak Rianto menjelaskan tentang praktik kerja industri 20 SKS dengan empat tahapan penilaian, sertifikat kompetensi mahasiswa, dan konsep Teaching Factory (TeFa) yang ada di IP Trisakti.

Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk mengadopsi praktik terbaik dalam pengelolaan pendidikan pariwisata yang telah diterapkan oleh IP Trisakti, terbukti dengan mendapatkan predikat unggul. Politeknik Negeri Pariwisata Bali berharap bisa meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi mahasiswa mereka melalui pemahaman yang lebih baik tentang kurikulum dan metodologi yang diterapkan oleh IP Trisakti.

Pada pertemuan ini, Bapak Agus Riyadi memberikan informasi terkait keunggulan masing-masing program studi yang ada di IP Trisakti, akreditasi BAN-PT, dan sertifikasi internasional (TedQual) dari UNWTO yang telah diraih oleh tiga program studi.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara kedua institusi dan membuka peluang kerjasama lebih lanjut dalam bidang pendidikan pariwisata. Keberhasilan IP Trisakti dalam meraih akreditasi internasional dan menjalankan program pendidikan berkualitas tinggi diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi Politeknik Negeri Pariwisata Bali dalam mengembangkan kurikulum dan meningkatkan kompetensi mahasiswa mereka.

Visited 70 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply