Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Institut Pariwisata Trisakti Melakukan Praktek Pemanduan Regional II

Pada 11-19 Januari 2024, Program Studi Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2022 melangsungkan kegiatan praktek pemanduan regional II, dengan didampingi oleh dua orang Dosen pengampu yaitu Bapak Dr. Surya Fadjar Boediman, SST., M.Par dan Ibu Krisanti Kurniawan, S.Pd., M.Par.

Kegiatan tersebut diawali dengan mengunjungi objek daya tarik wisata yang ada di Jawa Tengah seperti Dataran Tinggi Dieng (Candi Pandawa Lima, Kawah Sikidang dan Bukit Ratapan) dan dilanjutkan mengunjungi objek daya tarik wisata yang ada di Yogyakarta, seperti Desa Wisata Grogol, Prambanan, Borobudur dan Keraton Yogyakarta.Tujuan dari praktek pemanduan II adalah mengaplikasikan dan menerapkan kompetensi memimpin perjalanan wisata regional atau yang lebih dikenal sebagai tour guide, dan kepemanduan lokal yang mampu mempraktekan sebagai pemandu lokal di objek wisata yang dikunjungi.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh mahasiswa berkesempatan untuk membuat wayang suket di desa wisata Grogol, yang merupakan salah satu warisan turun – temurun penduduk sekitar pada masa lalu seraya menggembala sapi. Keterampilan membuat wayang suket ini tetap dipertahankan hingga kini agar dikenang oleh wisatawan yang menginap di sini baik lokal maupun mancanegara.Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam hal menerapkan materi-materi yang telah dipelajari pada saat kegiatan belajar mengajar dan ditunjang dengan praktek langsung di lapangan.

Visited 112 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply