Pengabdian kepada Masyarakat Destinasi Wisata Berbasis Coffee Culture di Desa Wisata Cipasung

Pengabdian Kepada Masyarakt bertajuk Destinasi Wisata Berbasis Coffee Culture dan Pelayanan Prima Kedai Kopi Liberika di Desa Wisata Cipasung

Kelompok Petani Kopi Desa Wisata Cipasung pada tahun 2020 mulai mengelola rintisan Agrowisata Kopi dengan nama Sirung Tanjung. Pengelolaan agrowisata ini didampingi dengan oleh program CSR Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) yang berkolaborasi dengan Indonesia Financial Group (IFG) dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan serta pengadaan alat-alat pengolahan komoditas kopi yang dilaksanakan dari bulan September 2020 sampai dengan bulan Agustus 2021. Adapun tujuan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat memberikan wawasan tentang destinasi wisata berbasiskan coffee culture di Desa Wisata Cipasung, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat.

Kegiatan ini berlangsung pada Kamis-Sabtu, 7-10 April 2021. Hasil pendampingan STP Trisakti sudah dapat dirasakan oleh kelompok petani kopi dan kelompok penerima manfaat lainnya, seperti pengelolaan kopi dengan alat pasca panen (pulper, huller, dan grader), penggunaan mesin roasting kopi, dan generasi milenial sudah dapat melakukan praktik penggunaan mesin kopi espresso yang dapat terbilang sebagai mesin kopi kelas premium dan melayani langsung kepada pelanggan yang datang. Kegiatan CSR dilakukan dalam bentuk pengelolaan rintisan dari awal, proses, dan hasil pengelolaan rintisan Agrowisata Kopi Sirung Tanjung yang dikelola oleh Kelompok Tani Kopi melalui berbagai kegiatan yang terkait dalam kegiatan desa wisata.

Para barista di Kedai Liberika seharusnya dapat terus berkembang, dikarenakan pentingnya dasar-dasar pelayanan yang harus diterapkan dalam bisnis kedai kopi.

Leave a Reply

Visited 8 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply

    Facebook
    Twitter
    YouTube
    Instagram
    Tiktok