Kembali Tuai Prestasi, Dosen Institut Pariwisata Trisakti Lolos Program MBKM Kemendikbud Kampus Mengajar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia menyelenggarakan berbagai program, salah satunya kampus mengajar. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia dilaksanakan selama 1 semester dengan tujuan agar dapat melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Dalam mengikuti kegiatan tersebut, seluruh peserta yang terdiri dari Mahasiswa dan Dosen melakukan pendaftaran dengan mengirimkan curriculum vitae dan portofolio pada tanggal 01-13 Desember 2023. Selanjutnya peserta mengikuti tes seleksi administratif secara daring, yaitu tes numerasi, literasi, value clarification and attitude transformation, dan kebhinekaan.

Terdapat 3 dosen Institut Pariwisata Trisakti yang berhasil lolos seleksi dalam program Kampus Mengajar Angkatan 7 sebagai Dosen Pembimbing Lapangan. Dr. Candra Hidayat, M.Par penempatan di Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor (SDN Sirnajaya 01, SDN Pabuaran 03) dengan membimbing mahasiswa dari Universitas Bung Karno, Universitas Pamulang, Universitas Trilogi, Universitas Nusa Mandiri. Dr. Amalia Mustika, M.M., MBA., penempatan di Dinas Pendidikan Jakarta Selatan (SMP Puspita Persada dan SMP YWKA 1 Tebet) dengan membimbing mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Nusa Mandiri, Universitas Pamulang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Singaperbangsa Karawang.

Fifi Nofiyanti, M.Pd., M.Par penempatan di Dinas Pendidikan Kota Bekasi (SDN Mustikasari IV dan SMP Bantargebang) dengan membimbing mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indraprasta, Universitas Bhayangkara, Universitas Singaperbangsa Karawang. Koordinator dalam kegiatan ini yaitu Santi Maudiarti, S.E., M.Pd. Yang sekaligus dosen pembimbing lapangan Kampus Mengajar angkatan 7 (DPL KM 7) mengikuti bimtek dari Kemendikbud selama 1 minggu, kemudian ditugaskan untuk membimbing mahasiswa yang mengajar di sekolah penempatan. Adapun kegiatan dari dosen pembimbing lapangan yaitu berkoordinasi ke Dinas Pendidikan, melakukan evaluasi ke sekolah, membimbing mahasiswa, serta membuat laporan kegiatan yang telah dilakukan selama 1 semester sesuai dengan penugasan Kampus Mengajar Angkatan 7 dari Kemendikbud RI.

Dengan torehan prestasi yang berhasil ditarih oleh keempat dosen diatas diharapkan dapat menjadi acuan motivasi untuk pada dosen lainnya agar lebih aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan yang berpotensi memajukan nama Insitut Pariwisata Trisakti.

Visited 134 times, 2 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply