Kembali Dipercaya Oleh Kementerian Luar Negeri RI, IP Trisakti Mengadakan Pelatihan Hospitality Bagi Pendamping & Staff Bawaan Calon Kepala Perwakilan Konsuler

Jakarta, 23-24 Januari 2024, Unit Pusat Bisnis Kepariwisataan Institut Pariwisata Trisakti kembali dipercaya menjadi Wadah Pelatihan Hospitality bagi Pendamping & Staff Bawaan yang akan bekerja di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).

Peserta yang bertugas sebagai Staff Bawaan terdiri dari kepala rumah tangga, sekretaris pribadi bagi para Kepala Perwakilan Konsuler di kantor perwakilan Republik Indonesia, termasuk wisma di lingkungan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. Sejumlah 16 peserta yang terdiri dari 4 pendamping calon perwakilan konsuler dan 12 peserta lainnya merupakan staff bawaan.Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari dilaksanakan di kampus Institut Pariwisata Trisakti dengan menghadirkan instruktur maupun narasumber yang berkompeten di bidangnya. Pada hari pertama, materi yang diberikan adalah terkait dengan penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) yang disampaikan oleh Ibu Dra. Wijayanti Dewi Prabandari yang merupakan Dosen IP Trisakti, kemudian pada praktiknya, para peserta dibagi menjadi 2 kelompok dengan instruktur Ibu Dra. Wijayanti dan Ibu Emenina Tarigan, M.Par.Selanjutnya peserta mendapatkan materi terkait dengan Table Set-Up & Napkin Folding dengan narasumber Bapak Dikki Z MM dan Welcome Drink dengan narasumber Ibu Dr. Novita Widyastuti, M.Si.Par.

Pada hari kedua, peserta mendapatkan materi tentang Kuliner Indonesia dan Fruit Carving oleh Chef Alifatqul Maulana M.Par. Pada sesi ini peserta diajarkan memasak kuliner Indonesia yaitu nasi tumpeng mini, memotong dan menghias buah dengan menggunakan teknik pisau.

Materi terakhir adalah Seni Merangkai Bunga yang disampaikan oleh Bapak Vico, pada sesi ini para peserta membuat kelompok dan masing-masing kelompok membuat rangkaian bunga di dalam vas yang telah disediakan setelah mendengar penjelasan dan di praktikkan oleh narasumber.Adapun pemberian testimoni dari Ibu Diah Susanti sebagai perwakilan Pendamping Calon Kepala Perwakilan Konsuler mengatakan bahwa Institut Pariwisata Trisakti telah menjadi wadah pelatihan yang baik, peralatan yang digunakan juga sangat lengkap dan juga menghadirkan para nasarumber yang cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta. Kemudian beliau pun memberikan penilaian dalam pelatihan tersebut dengan nilai 9.9/10.

Bapak Dani Harmoni selaku perwakilan Staff Bawaan Calon Kepala Perwakilan Konsuler turut memberikan kesan baik terhadap pelatihan ini. Kemudian beliau pun menyampaikan bahwa merasa sangat puas terhadap pelayanan mulai dari Panitia, instruktur , makanan, dan lain-lainnya.“Banyak sekali pelajaran yang di dapatkan dan sangat berguna bagi kami nanti saat melakukan penugasan di daerah masing-masing. Dan semoga kami dapat mempromosikan Indonesia dengan materi-materi yang telah Bapak/Ibu ajarkan”. Ujar Bapak Dani Harmoni.

Sambutan yang diberikan oleh Bapak Heru Budiarso selaku Kepala Bidang Pendidikan & Pelatihan Teknis Kementerian Luar Negeri sebagai penutup kegiatan ini, Beliau mengucapkan terimakasih kepada IP Trisakti dalam kegiatan yang berguna ini bagi calon pendamping dan staff bawaan Calon Kepala Perwakilan Konsuler RI.

“Ini bukan kali pertama Institut Pariwisata Trisakti menjadi wadah Pelatihan Hospitality. Saya mengucapkan terimakasih kepada Institut Pariwisata Trisakti dan juga kepada para Narasumber yang telah memberikan ilmu kepada Bapak/Ibu yang akan bertugas ke Luar negeri. Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu”. Ujar Bapak Heru.

Dengan suksesnya pelatihan hospitality ini diharapkan ilmu yang telah disampaikan dan di praktekkan langsung oleh narasumber dapat dipahami dengan baik, serta memberikan manfaat bagi seluruh peserta yang mengikutinya. Dan diharapkan kedepannya akan terus terjalin kolaborasi antara Institut Pariwisata Trisakti dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dalam pengembangan kompetensi di bidang hospitality.

Visited 69 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply

    Facebook
    Twitter
    YouTube
    Instagram
    Tiktok