Kedutaan Besar Filipina Gelar Guest Lecturer dan Demo Memasak di Institut Pariwisata Trisakti

Jakarta, 12 Juni 2024 – Kedutaan Besar Filipina mengadakan acara Guest Lecturer dan demo memasak di Aula Institut Pariwisata Trisakti, Rabu (12/6). Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Filipina dan Indonesia.

Acara yang bertajuk ‘Dulang: Culinary Arts and Gastronomy of Philippine Moslem Mindanao’ turut dihadiri oleh berbagai pejabat penting, Wawan Yogaswara, S.S., M.Hum Pamong Budaya Ahli Madya Direktorat Jendral kebudayaan Kemdikbudristek, Duta Besar Filipina untuk Indonesia, Gina A Jamoralin; Konsulat Jenderal Gonaranao B Musor; Kepala Kantor Kebudayaan, Rady Dela Cruz; Wakil Bidang Ekonomi, Quinnie Garces; serta bagian protokol Julius Calisin. Sedangkan dari Institut Pariwisata Trisakti hadir Waret I, Agus Riyadi, Ph.D, Robiatul Adawiyah, M.Par, Kepala Departemen Pengelolaan Perhotelan dan Triana Rosalina Dewi, SE., MM Pjs Kordinator International Program.

Dalam kesempatan tersebut, Datu Shariff memperkenalkan kekayaan kuliner Mindanao, wilayah di Filipina yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan memiliki kemiripan dengan masakan Indonesia. Beberapa hidangan yang diperkenalkan antara lain Kiyuning, Piyaparan, dan Sangkerat.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bapak Agus Riyadi, Ph.D., yang menyampaikan rasa terima kasihnya atas pemilihan IP Trisakti sebagai lokasi acara. “Kami merasa terhormat telah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan demo memasak ini, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara Filipina dan Indonesia,” ujar beliau.

Datu Shariff menjelaskan bahwa masakan Filipina banyak dipengaruhi oleh kuliner Spanyol, Cina, dan Amerika, tetapi tetap memiliki akar yang kuat di Asia Tenggara, sehingga banyak kemiripan dengan masakan di Indonesia. Ia merasa sangat senang dapat berbagi resep dan pengetahuan di kampus IPT, dan sangat terkesan dengan antusiasme para mahasiswa yang banyak bertanya mengenai kuliner Filipina dan Mindanao.

Duta Besar Filipina untuk Indonesia, Gina A Jamoralin, juga menyampaikan kebahagiaannya atas terselenggaranya acara tersebut. Beliau berharap kegiatan ini dapat semakin mempererat kerja sama antara kedua negara. Kegiatan ini bukanlah yang pertama, namun merupakan awal dari kerja sama yang lebih erat di masa mendatang

“Kebanggaan bagi kami bisa hadir di kampus Institut Pariwisata Trisakti. Dan berbagi pengalaman bersama dalam perayaan ini,” ucap Gina A Jamoralin.

Visited 60 times, 5 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply