Institut Pariwisata Trisakti Lakukan Ekspedisi dan Penelitian Kajian Pengembangan Geopark Produk di Kawasan Geopark Bayah Dome, Kabupaten Lebak

Unit Pusat Kajian Pariwisata Institut Pariwisata Trisakti melakukan ekspedisi geopark produk sebagai bentuk implementasi kajian Pengembangan Ekonomi Kreatif Lokal pada Geopark Produk Bayah Dome Kabupaten Lebak, Banten.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 8 s/d 10 Maret 2024 ini diikuti oleh Tim Pusat Kajian Pariwisata IP Trisakti yang terdiri dari Bapak Adam Rachmatullah, S.Par., M.Sc. Ibu Dr. Saptarining Wulan, Ibu Purwanti Dyah Pramanik, M.Si. Bapak Oktovianus, Shut., M.Si. Tim Bapelitbangda Kabupaten Lebak, yaitu Ibu Mumun Muawanah, SE. Bapak Yogan M.Par. Bapak Resa, Bapak Taufik dan Bapak Yogi, serta melibatkan 3 mahasiswa program studi S1 Pariwisata sebagai Surveyor, diantaranya Muhammad Fikri Febrian, Elsa, Septo Nugroho. Selama survei di lapangan, Tim IP Trisakti juga didampingi oleh Bapak Ir. Engkap Kapriadi selaku Direktur Geopark Bayah Dome dan Bapak Drs. Hadi Nugraha, M.Pd selaku Kepala Bidang Edukasi dan Pemberdayaan Geopark Bayah Dome.Secara umum, lokasi penelitian tersebut berada di Kawasan Geopark Bayah Dome Kabupaten Lebak, dengan beberapa karakteristik seperti, terdapat area hutan lindung TNGHS seluas 132.730 Ha yang tersebar di 9 Kecamatan, terdapat area hutan produksi Perum Perhutani seluas 39.659 Ha yang tersebar di 12 Kecamatan, terdapat area hutan adat di beberapa Kasepuhan Banten Kidul dan Hak Ulayat Masyarakat Baduy seluas 5.101 Ha, terdapat wilayah dengan ketinggian >1.000 yang tersebar di 5 Kecamatan.

Kegiatan ini merupakan perwujudan dari hasil rapat pendahuluan yang sebelumnya diselenggarakan di Kantor Bapelitbangda Kabupaten Lebak, Banten. Yang dimaksudkan untuk mendapatkan sumber data primer secara langsung seperti potensi lokal yang dapat dikembangkan sebagai Geoproduk Bayah Dome, Analisa bisnis hilirisasi produk hinga distribusi produk, analisa kebutuhan capacity building, dan merumuskan branding strategic hingga pemetaan peluang investasi geoproduk.

Adapun beberapa sampel kajian di titik lokasi pelaku Ekonomi Kreatif Lokal yang dikunjungi oleh tim Institut Pariwisata Trisakti dan Bapelitbangda Kabupaten Lebak, Banten yaitu, Bakso Ikan Ceu Bayi, Aci Kawung, Sale Pisang Kang Lili, Galeri UMKM Cilograng di Kawasan Pantai Sawarna, Kebun Teh Cikuya, Produksi Beras Merah, Ikan Mas Si Nyonya, Kriya Rotan “Tas Kaneron”, Rumah Produksi Gula Semut dan Gula Aren Batok, Komoditi Durian, Kerajinan Tenun Baduy dan Kriya Kulit Kayu “Tas Koja” dan sebagainya.Kegiatan ekspedisi ini bukan saja untuk memenuhi kebutuhan data primer semata, melainkan juga sangat penting untuk memahami dinamika, pola, serta epistimologi/ teknik dari berbagai geoproduk yang ada di Kawasan Regional Bayah Dome. Selain itu, pelibatan mahasiwa program studi S1 Pariwisata sebagai Surveyor merupakan salah satu bentuk menstimulasi kemampuan kognitif dan afektif mereka serta melatih skill teknis untuk dapat menjadi Tourism Planner skala lokal dan bahkan skala regional di masa mendatang.

Visited 88 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply

    Facebook
    Twitter
    YouTube
    Instagram
    Tiktok