Institut Pariwisata Trisakti Goes to Timor Leste 23 – 26 Oktober 2023

Pada (23-26/10) Institut Pariwisata Trisakti beserta 41 PTN dan PTS di Indonesia lainnya berpartisipasi dalam IHEE – Indonesian Higher Education Expo (Pameran Pendidikan Tinggi) 2023 yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Timor Leste bertempat di Pusat Budaya Indonesia (PBI) Dili.

Pameran Pendidikan Tinggi ini juga dihadiri oleh para Rektor dan perwakilan dari 40 Perguruan Tinggi Indonesia dari Aceh hingga Maluku, dan merupakan kali ke-tiga bagi Institut Pariwisata Trisakti hadir dalam kegiatan ini. Tujuan kegiatan ini untuk membantu para calon mahasiswa Timor Leste mendapatkan informasi terkait prodi dan beasiswa serta menjaring lebih banyak mahasiswa Internasional untuk berkuliah di Institut Pariwisata Trisakti.

Expo pendidikan ini dibuka secara langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste, Dr. Okto Dorinus Manik, yang mengungkapkan “pentingnya kegiatan pameran ini dalam rangka mempererat hubungan kerjasama melalui bidang pendidikan dan budaya antara Indonesia dengan Timor Leste”. Serta Wakil Perdana Menteri Timor Leste, Mariano Sabino Lopes pada pidatonya mengungkapkan “dukungan positif serta dorongan untuk para calon mahasiswa Timor Leste yang ikut hadir dalam pameran ini agar mengambil kesempatan yang diberikan, karena Indonesia memiliki sistem pendidikan yang baik dari sisi ilmu maupun pembangunan karakter”.

Atase Pendidikan dan Budaya KBRI Timor Leste, Prof. Ikhfan Haris, dalam acara pembukaan turut menjelaskan “Ini merupakan acara rutin dari PBI dan KBRI Dili yang merupakan kali ke-tiga menyelenggarakan pameran sejak tahun 2016. Dan tahun 2023 merupakan kegiatan dengan jumlah peserta pameran terbanyak, sehingga diharapkan dapat menarik mahasiswa dari Timor Leste untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia lebih dari sebelumnya”.

Sebagai satu – satunya kampus Pariwisata yang berpartisipasi, Institut Pariwisata Trisakti mendapat cukup banyak antusiasme dari seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan Expo. Selain konsultasi di booth, Institut Pariwisata Trisakti berkesempatan melakukan presentasi yang menampilkan cuplikan video testimoni dari mahasiswi Timor Leste penerima Beasiswa yang menempuh pendidikan di Institut Pariwisata Trisakti sedang mengikuti kegiatan magang di beberapa Hotel bintang 5 di Bali dan Jakarta.

Respon positif siswa – siswi Timor Leste terhadap Institut Pariwisata Trisakti juga terlihat dalam onsite test yang diadakan, serta diikuti oleh 106 orang pendaftar dan mengikuti seleksi baik program Sarjana maupun Pascasarjana.

 

Institut Pariwisata Trisakti memberikan beberapa penawaran program Beasiswa antara lain, Beasiswa Potongan 55juta, 50%, 75%, hingga 100% bagi siswa-siswi yang memperoleh hasil tes terbaik. Institut Pariwisata Trisakti juga membuka kesempatan Beasiswa khusus Timor Leste untuk Program Sarjana Pariwisata, Sarjana Bisnis Digital, Sarjana Kewirausahaan, Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan, dan Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata Sekaligus Pascasarjana.

Harapan dengan turut berpartisipasi dalam kegiatan tahun ini mampu meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa asing secara berkelanjutan, khususnya dari Timor-Leste yang akan berkuliah di Institut Pariwisata Trisakti. Banyak dari mereka ingin melanjutkan pendidikan di Indonesia sekaligus untuk meningkatkan taraf pendidikan masyarakat di Timor Leste. Hal ini senada dengan pidato Wakil Perdana Menteri Timor Leste yang juga merupakan alumni dari Perguruan Tinggi di Indonesia.

Visited 42 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

leave a reply