TRISHCO 2025: AJANG BERGENGSI INTERNASIONAL DI DUNIA PENDIDIKAN PARIWISATA

Jakarta Institut Pariwisata Trisakti sukses menyelenggarakan ajang bergengsi tahunan bertajuk International Trisakti Hospitality Competition (TRISHCO) 2025. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian perayaan Dies Natalis ke-56 Institut Pariwisata Trisakti dan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 11–12 Juni 2025 di Kampus Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta.

Kompetisi ini semakin menegaskan komitmen Institut Pariwisata Trisakti dalam mengembangkan standar keunggulan pendidikan dan keterampilan kepariwisataan di level global. TRISHCO 2025 diikuti oleh 500 peserta dari 45 perguruan tinggi dan 51 sekolah menengah, baik nasional maupun internasional. Peserta datang dari 9 negara, yaitu Malaysia, Vietnam, Madagaskar, Tanzania, Aljazair, Sri Lanka, Mesir, Yaman dan Turki.

Bapak Agus Riyadi, M.Sc., Ph.D selaku Wakil Rektor I dalam sambutannya menyampaikan, kompetisi ini bertujuan untuk memperluas kolaborasi secara global maupun secara nasional. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga untuk membangun daya saing akademik di bidang pariwisata dan memperkuat inovasi di bidang pariwisata.

Kombinasi kegiatan ini menurut Bapak Agus Riyadi, tidak hanya menekankan pada aspek keterampilan praktis, tetapi juga pengembangan intelektual dan kreatifitas generasi muda dalam menghadapi dinamika industri pariwisata global. TRISHCO 2025 bukan sekedar ajang perlombaan, tetapi juga sarana untuk mempererat hubungan internasional antar Institusi pendidikan dan membangun semangat kompetitif yang sehat bagi seluruh peserta.

“Partisipasi dari berbagai negara dan wilayah membuktikan daya tarik dan pengakuan Internasional terhadap kapasitas pendidikan pariwisata di Indonesia, khususnya di bawah naungan kami,” ucapnya.

Rangkaian lomba dalam TRISHCO 2025 mencerminkan luasnya cakupan keahlian di sektor pariwisata dan perhotelan. Kegiatan lomba terbagi dalam dua kategori besar, yakni kompetisi luring dan kompetisi daring.

Lomba yang diselenggarakan secara luring di kampus mencakup; Tourism Vlog, Storytelling, Ide Bisnis Pariwisata, Futsal, Plating Dessert, Tari Kreasi dan Debat Pariwisata. Sementara itu, dua cabang lomba berskala akademik yang digelar secara daring dan ditujukan khusus bagi peserta dari perguruan tinggi adalah; Poster Presentation serta Scientific Paper.

Para pemenang dari lomba tersebut akan mendapatkan hadiah berupa Uang Tunai, Piala dan juga Sertifikat yang berlaku untuk skala Nasional maupun Internasional.

 

Tak hanya menyelenggarakan perlombaan, ajang ini menjadi bentuk implementasi ilmu dari mahasiswa Program Studi Pengelolaan Perhotelan dan Kewirausahaan untuk membuka bisnis mereka di area kantin dengan jumlah 16 partisipan pengisi tenant.

Wakil Rektor III, Ibu Dr. Novita Widyastuti dalam acara Penutupan International TRISHCO 2025 merasa bangga karena TRISHCO tahun ini memiliki banyak peminat peserta lomba.

“Kami dengan bangga menyambut peserta dari 45 universitas dan 51 sekolah menengah atas. Tahun ini, TRISHCO mencatat sejarah baru. Dengan partisipasi lebih dari 302 siswa SMA dalam 7 mata lomba dan 96 mahasiswa dalam 2 kompetisi internasional” ucap Ibu Dr. Novita.

Dengan semangat kolaborasi lintas negara dan penguatan kualitas SDM pariwisata, TRISHCO 2025 berhasil menciptakan ruang ekspresi, inovasi, serta pembelajaran yang inspiratif bagi generasi muda. Institut Pariwisata Trisakti berkomitmen untuk terus menjadikan ajang ini sebagai bagian dari upaya internasionalisasi pendidikan pariwisata Indonesia dan membangun reputasi akademik yang kompetitif secara global.

IP Trisakti menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung kesuksesan acara ini:

Artotel Group, IMI Switzerland, Center for Tourism Business, Bank DKI, PT Anggana Catur Prima, Student Senate, PT Zurich General Takaful Indonesia, PT Eloda Mitra (Bernardi), RAMA Group, Koperasi HIKAPTRI, PT Sinar Meadow International Indonesia, Alumni P4TK, petugas administrasi, IKAPTRI, Masjid Al Ikhlas, para alumni beasiswa berprestasi, Agus Collection, Alumni Magister Pariwisata angkatan 2020 & 2022, PT Sentana Mitra Kualita, DPLK BRI, Bank BNI, The Dharmawangsa Hotel Jakarta, 3935 Kitchen Pudding & Baked Goods, Union Group, Sheraton Grand Gandaria City, PT Mahakarya Boga Indonesia, NCSA, AGLC, Grand Mercure Kemayoran, MGM Horison, Archipelago, Pan Pacific, dan Wilmar.

Visited 146 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest