[vc_row][vc_column width=”3/4″ el_class=”vc_sidebar_position_right” offset=”vc_col-lg-9 vc_col-md-9 vc_col-sm-12″][stm_post_info css=”.vc_custom_1437111129257{margin-bottom: 0px !important;}”][vc_custom_heading text=”Memberikan Wawasan Tentang Pelayanan Prima di Desa Kaduela” font_container=”tag:h3|text_align:left” use_theme_fonts=”yes”][vc_column_text]
Salah satu objek wisata yang terkenal adalah objek wisata Telaga Biru Cicerem yang dikelola oleh Bumdes Arya Kemuning. Objek wisata ini dapat dikategorikan wisata berbasis masyarakat, karena hal ini lebih menekankan pada partisipasi masyarakat lokal dalam mengelola objek wisata Telaga Biru Cicerem dengan memanfaatkan potensi sumber daya desa.
Kawasan wisata Telaga Biru Cicerem, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Adapun tujuan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan wawasan tentang Pelayanan Prima di Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksankan pada Rabu-Kamis, 17-18 November 2021.
Hasil Pendampingan tim STP Trisakti dapat dirasakan oleh pengelola objek wisata di Desa Kaduela, mereka memahami bagaimana menyambut tamu, berkomunikasi dengan tamu, menjawab complain tamu serta memberikan bantuan kepada tamu jika membutuhkan bantuan. Pengembangan fasilitas Homestay di Desa Kaduela ini juga merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk melayani tamu yang ingin menginap di Desa kaduela dan membuat acara atau kegiatan di desa tersebut. Mendesaknya kebutuhan tersebut maka masyarakat yang telah terpilih dan ingin rumahnya dijadikan homestay, mereka harus memahami terlebih dahulu tentang Sapta Pesona, dan pelayanan prima kepada pelanggan. Jelas hal ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terutama wisatawan ketika hadir dan menginap di homestay danpada akhirnya kepuasan adalah salah satu kunci pelanggan akan datang kembali kesana (revisit intention).
Sebaiknya pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah yang sudah jadi homestay ataupun yang akan dijadikan homestay untuk melihat kriteria-kriteria apa yang sudah terpenuhi dan belum terpenuhi. Sebaiknya ada pelatihan bagaimana menata dsan menjaga kebersihan kamar dengan baik. Pelatihan keuangan sederhana juga dilaksanakan bagi pemilik homestay di Desa Kaduela.
[/vc_column_text][vc_row_inner][vc_column_inner][vc_images_carousel images=”16941,16939,16888″][/vc_column_inner][/vc_row_inner][stm_post_author][stm_post_comments][/vc_column][vc_column width=”1/4″ offset=”vc_hidden-sm vc_hidden-xs”][vc_widget_sidebar sidebar_id=”default” el_class=”sidebar-area-right sidebar-area”][stm_post_tags][/vc_column][/vc_row]