Kunjungan Industri Mahasiswa Bisnis Digital IP Trisakti Pahami Digitalisasi Layanan di PT. KAI Wisata

Jakarta, 18 Desember 2024 – Sebagai bagian dari pembelajaran untuk memahami bagaimana digitalisasi proses bisnis untuk meningkatkan nilai dan kinerja sebuah organisasi, mahasiswa S1 Bisnis Digital mengadakan kunjungan industry ke PT. KAI Wisata di stasiun utama Gambir. Kegiatan bertajuk “Digitalisasi PT. KAI Wisata” bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa Angkatan 2024 mengenai apa saja potensi digitalisasi proses bisnis, manfaat terhadap bisnis dan belajar bagaimana pengalaman sukses PT. KAI Wisata dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan melalui digitalisasi.

Memahami Digitalisasi Layanan di PT. KAI Wisata - Kunjungan Industri Mahasiswa Bisnis Digital IP Trisakti

Dalam kunjungan ini, mahasiswa/I mendapatkan informasi dan penjelasan dari bapak Andry Budianto, Asisten Manager of Luxury Lounge mengenai apa saja program digitalisasi proses bisnis yang ada di PT. KAI Wisata termasuk pengembangan super appsAccess by KAI” yang memberikan pengalaman perjalanan yang komprehensif dan mudah untuk pelanggan kereta di Indonesia. Selain pengembangan  super apps, PT. KAI Wisata mengembangkan layanan hospitality yang dibutuhkan pelanggan, mulai dari layanan hotel transit yang ada di stasiun-stasiun seperti di Gambir, dan Shower and Locker yang menyediakan fasilitas mandi dan loker untuk pelanggan, baik pelanggan kereta atau umum.

Memahami Digitalisasi Layanan di PT. KAI Wisata - Kunjungan Industri Mahasiswa Bisnis Digital IP Trisakti

Ibu Dita, Finance and Accounting Supervisor KAI Wisata, menjelaskan bahwa bagaimana digitalisasi proses di unit usaha shower and locker memberikan manfaat langsung yakni peningkatan penerimaan bisnis lebih dari 100% dalam 1 tahun. Hal lain yang didapatkan adalah peningkatan kepuasan pelanggan mengenai layanan ini dan ada peningkatan penggunaan layanan ini dari waktu ke waktu.

Mahasiswa S1 Bisnis Digital Institut Pariwisata Trisakti juga berkesempatan melakukan kunjungan dan melihat langsung proses check in yang menggunakan fitur AI – face recognition. Bapak Hendra, Kepala Stasiun Besar Gambir, menjelaskan bagaimana Digitalisasi proses ini memberikan nilai langsung dimana durasi check in kereta di stasiun Gambir menjadi lebih cepat 50% dari proses sebelumnya. Hal ini menjadikan antrian pelanggan yang akan naik kereta menjadi lebih cepat dan meningkatkan kepuasan pelayanan ke pelanggan PT. KAI Wisata.

Memahami Digitalisasi Layanan di PT. KAI Wisata - Kunjungan Industri Mahasiswa Bisnis Digital IP Trisakti

Tentunya, PT. KAI Wisata telah melihat nilai positif dari digitalisasi proses bisnis dan tidak akan berhenti di posisi ini. PT. KAI Wisata akan terus mencari hal-hal baru yang inovatif untuk terus meningkatkan kinerja bisnis dan pelayanan kepada pelanggan kereta api di Indonesia.

KAI Wisata berharap bahwa kerja sama yang sudah dimulai dengan Institut Pariwisata Trisakti dapat dilanjutkan dan diteruskan agar dapat memberi nilai tambah untuk kedua institusi.

Liputan lebih lengkap dapat dilihat di: https://www.instagram.com/share/reel/_jm_o_AbQ

 

Visited 30 times, 1 visit(s) today
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Leave a Reply