Article

Pusat Bisnis Kepariwisataan STP Trisakti melaksanakan Pelatihan Hospitality & Service di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia yang diikuti 30 Peserta dari lingkungan kementerian sekretariat negara.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid pada 26 – 27 September 2022 dan secara luring pada tanggal 29 – 30 September 2022 di restoran Bima STP Trisakti bertujuan untuk meningkatkan pengalaman peserta dalam bidang hospitality dan service pada saat melayanin presiden, wakil presiden dan tamu negara .

Dalam sambutan pembuka acara Ketua STP Trisakti, Ibu Fetty Asmaniati, SE., MM berharap dari pelatihan ini dapat menumbuhkan semangat, pengalaman dan pengetahuan kepada peserta dalam bidang hospitality dan service serta demi NKRI yang lebih maju.

Ibu Herwin Meiliantina S.IP. M.Pd selaku perwakilan dari Kementrian Sekretariat Negara dalam sambutannya mengatakan “Peserta dapat meningkatkan pengetahuan dari pelatihan dengan hadirnya para pembicara dari STP Trisakti yang memiliki pengalaman dalam bidang tersebut”

Menghadirkan 5 pembicara Dosen dan alumni STP Trisakti, yaitu:

  1. Ibu Novita Widyastuti M.Si.Par
  2. Bapak Dikki Zuchradi, MM
  3. Bapak Alifatqul Maulana, M.Par
  4. Bapak Adhitia Pratama (alumni)
  5. Bapak Rudi Choiruddin (alumni)

Dari kegiatan ini materi yang disampaikan adalah tentang pengantar Hospitality, pelayanan prima dan komunikasi efektif, Personal Hygiene &Sanitasi, pengenalan komoditas bahan baku dan rempah Indonesia dan juga materi Masakan Nusantara oleh Chef Rudi Chiruddin yang merupakan alumni dari STP Trisakti

Pada hari kedua masih secara hybrid, materi yang disampaikan adalah terkait teknik pelayanan januan tamu formal dan non-formal, teknik penyajian makanan nusantara dengan alat sajinya.

Setelah penyampaian materi yang dilakukan selama dua hari, para peserta pelatihan melakukan praktik langsung. Pada tanggal 29/09/2022, Praktik Teknik Jamuan Formal dan Non-Formal, Praktik Susunan Menu dan Praktik Teknik Dasar Peletakan Makanan

Pada hari terakhir, peserta praktik langsung kepada tamu yang datang. Menyajikan makanan, minuman yang telah disediakan. Para tamu diberikan form penilaian terhadap service, kerapihan pelayan, kreasi makanan dan juga rasa dari makanan tersebut sebagai tolak ukur dan hasil dari praktik peserta pelatihan Hospitality & Service ini. Di harapkan dari kegiatan ini banyak ilmu yang dapat di serap, di implementasikan dalam pekerjaannya

Visited 109 times, 1 visit(s) today